363946684

Cloud Computing, Keuntungan dan Kekurangannya 

by | Apr 16, 2023 | Cloud Computing

APA ITU CLOUD COMPUTING ?, KEUNTUNGAN DAN KEKURANGANNYA  

Sejarah Cloud Computing berawal dari tahun 1960-an ketika konsep “Time-Sharing” muncul. Berbagi waktu (time-sharing) memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses sistem komputer pada saat yang sama, yang merupakan inovasi yang signifikan pada saat itu. Teknologi ini membuka jalan bagi perkembangan cloud computing.

Kemudian pada 1990-an, istilah “Cloud” digunakan untuk menggambarkan jaringan komputer yang saling terhubung yang digunakan untuk penyimpanan dan pemrosesan data. Namun, baru pada awal tahun 2000-an istilah “Cloud Computing” diciptakan oleh Amazon Web Services (AWS), yang meluncurkan Elastic Compute Cloud (EC2) pada tahun 2006. EC2 adalah layanan web komersial yang memungkinkan bisnis untuk menyewa sumber daya komputasi dari pusat data Amazon dengan basis bayar sesuai pemakaian (pay as you go basis)

Mengikuti peluncuran EC2, perusahaan lain seperti Google, Microsoft, dan IBM memasuki pasar cloud computing, menawarkan layanan cloud mereka sendiri. Pada tahun 2008, proyek OpenNebula diluncurkan, yang bertujuan untuk menyediakan perangkat lunak sumber terbuka (open source) untuk mengelola dan menggunakan cloud pribadi (Private Cloud) dan Hybrid Cloud.

Selama beberapa dekade terakhir, cloud computing menjadi semakin populer, dengan semakin banyak bisnis dan individu yang mengadopsi layanan berbasis awan. Saat ini, cloud computing digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk penyimpanan data, pengembangan aplikasi, pembelajaran mesin, dan banyak lagi. Perkembangan cloud computing juga menyebabkan munculnya teknologi baru seperti komputasi tanpa server, kontainerisasi, dan arsitektur layanan mikro, yang mengubah cara perangkat lunak dikembangkan dan digunakan.

Cloud computing sendiri mengirimkan sumber daya komputasi berdasarkan permintaan melalui internet. Sumber daya ini dapat mencakup daya komputasi, penyimpanan, perangkat lunak, dan layanan TI lainnya yang dapat diakses dan digunakan dari jarak jauh, daripada harus berada secara fisik di tempat pengguna sendiri.

Dalam cloud computing, penyedia pihak ketiga mengelola dan memelihara infrastruktur dan sumber daya TI yang mendasarinya, sementara pengguna dapat mengakses dan menggunakan sumber daya ini berdasarkan pembayaran per penggunaan. Model ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan atau menurunkan penggunaan sumber daya sesuai kebutuhan, tanpa memerlukan investasi awal yang besar dalam perangkat keras dan infrastruktur.

Cloud computing menawarkan beberapa model penyebaran, termasuk Public Cloud, Private Cloud, dan Hybrid Cloud, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Public Cloud dimiliki dan dioperasikan oleh penyedia pihak ketiga dan menawarkan sumber daya kepada masyarakat umum melalui internet. Private Cloud didedikasikan untuk satu organisasi dan dapat dihosting baik di tempat atau oleh penyedia pihak ketiga. Hybrid Cloud menggabungkan fitur Public Cloud  dan Private Cloud, memungkinkan organisasi untuk memanfaatkan manfaat keduanya

 Lalu bagaimana dengan keuntungan dan kekurangan mengunakan Cloud itu sendiri, berikut adalah beberapa factor yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan Ketika ingin memutuskan mengunakan Cloud Computing sebagai layanan dan solusi pengembangan bisnis perusahaan.

KEUNTUNGAN CLOUD COMPUTING

  1. Skalabilitas: Cloud computing memungkinkan Anda untuk meningkatkan atau menurunkan sumber daya sesuai dengan kebutuhan Anda, memastikan bahwa Anda hanya membayar apa yang Anda gunakan.
  2. Efektivitas biaya: Dengan menggunakan layanan cloud, Anda dapat menghindari biaya pembelian dan pemeliharaan infrastruktur fisik di muka. Sebaliknya, Anda membayar apa yang Anda gunakan berdasarkan langganan. Jadi perusahaan tidak perlu mengeluarkan Investment yang cukup besar untuk mendukung penghematan perusahaan.
  3. Fleksibilitas: Komputasi awan memungkinkan Anda mengakses sumber daya dan aplikasi Anda dari mana saja dengan koneksi internet. Impian akan work from any ware akan terwujud jika Anda mengunakan Cloud Computing pada system perusahaan Anda.
  4. Keandalan: Sebagian besar penyedia layanan cloud menawarkan kemampuan uptime dan failover yang andal, yang dapat bermanfaat bagi bisnis yang memerlukan akses berkelanjutan ke sumber daya mereka. Beberapa penyedia layanan cloud menawarkan SLA sampai dengan 99,99% atau 30 menit downtime dalam 1 tahun.
  5. Keamanan: Penyedia cloud biasanya menawarkan fitur keamanan tingkat lanjut, seperti firewall, deteksi penyusupan, dan enkripsi, yang dapat membantu melindungi data Anda. Dan semua hal keamana dilakukan oleh penyedia layanan, tanpa harus team Anda bingung untuk pekerjaan tersebut.

Diantara semua kelebihan diatas, ada juga beberapa kelemahan yang terkait dengan komputasi awan. Berikut ini beberapa factor yang dapat dikategorikan dalam kekurangan Cloud Computing.

KEKURANGAN CLOUD COMPUTING:

  1. Ketergantungan: Saat Anda mengandalkan komputasi awan, Anda menjadi tergantung pada penyedia Anda, yang berarti bahwa waktu henti atau gangguan layanan apa pun dapat berdampak negatif terhadap operasi Anda.
  2. Kendali terbatas: Saat Anda menggunakan layanan cloud, Anda memiliki kendali terbatas atas infrastruktur dan perangkat lunak yang mendasarinya, yang dapat membuat frustasi sebagian pengguna. Karena secara infrastruktur bukan milik Anda meskipun Anda punya akses dan berlangganan layanan tersebut.
  3. Privasi data: Beberapa organisasi mungkin ragu untuk menyimpan data sensitif di cloud karena kekhawatiran tentang privasi dan keamanan data. Hal ini Kembali kepada kepercayaan Anda dan kredibilitas dari penyedia layanan cloud yang ada gunakan.
  4. Masalah integrasi: Mengintegrasikan layanan cloud dengan sistem dan aplikasi yang ada dapat menjadi tantangan dan memakan waktu. Sudah banyak penyedia layanan menyediahkan API connection untuk dapat menghubungkan layanan cloud dengan aplikasi atau sistem local yang digunakan oleh user.
  5. Konektivitas internet: Untuk menggunakan layanan cloud computing, Anda memerlukan koneksi internet yang andal, yang dapat menjadi masalah di area dengan konektivitas yang buruk. Jika Anda berada pada kota kota besar maka hal ini tidak lah menjadi kendala.

 Cloud Computing merupakan terobosan besar dalam dunia internet dan pengunaan data Bersama, semua teknologi pasti ada positif dan negatifnya semua bergantung pada kebutuhan dan pada pengunaan Anda sendiri, banyak perusahaan tidak memiliki SDM IT yang handal dan focus pada expense bukan investment maka solusi Cloud ini sangatlah tepat digunakan. Berbeda dengan Anda yang mempunyai SDM IT yang handal dan tidak ada kendala dengan budget Investment, maka solusi On-Prem menjadi menarik. Atau bahkan Anda yang ingin mengabungkan teknologi dan hanya berfokus pada efesiensi dan perkembangan bisnis perusahaan, maka Hybrid Cloud menjadi solusi tepat dalam penerapan teknologi yang digunakan.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com